Siasat Cerdas Agar Budget pas saat Ramadhan dan Lebaran

Bulan puasa dan lebaran memang membutuhkan pengleuaran yang ekstra dibanding biasanya. kalau kita tidak pintar mengatur keuangan sendiri bisa-bisa keceriaan lebaran berganti dengan rasa was-was akibat keuangan semakin menipis. Ramadhan dan lebaran datang setiap tahun, jadi seharusnya budgeting untuk dua hal penting ini harus dilakukan satu tahun sebelumnya atau minimal enam bulan sebelumnya. (Konsultan keuangan: Eko Endarto). Rahasia dari konsultan keuangan siasat cerdas agar budget anda pas dibulan ramadhan.

1. Jangan mewah setiap hari
makna dasat dari berpuasa sebenarnya bukan untuk bermewah-mewah. sehari atau dua hari dalam seminggu bolehkan anda menyediakan makanan yang agak mewah atau berbeda dari hari biasanya, tapi jangan lakukan ini terus menerus setiap hari.kan lumayan kalo pengeluaran kita tiap hari bengkak puasa ini 29 hari lho..

2. Pilih menu buka puasa yang bernilai
buka puasa bersama memang baik untuk menjalin silaturahmi. tetapi kalau acara itu memaksa kita untuk mengorbankan dana atau gaji ekstra anda, mengapa harus di ikuti. sebaiknya pilih-pilih dulu acara buka puasa bersama yang memberi nilai bagi anda. misalnya, saja di acara buka bersama itu anda berjualan kue untuk lebaran. lebih menguntungkan kan...hehehe

3.Jangan Paksakan diri
mempercantik rumah untuk menyambut lebaran boleh saja, asalkan anda memiliki uang simpanan atau tabungan yang cukup. usai ramadhan dan lebaran, anda harus menabung kembali untuk menggantikan uang simpanan tersebut. tetapi, kalau anda tidak punya simpanan atau tabungan untuk itu, jangan dipaksakan. sesuaikan dengan dana yang kita miliki.

4.Ubah Tradisi Mudik
coba anda bandingkan, mana yang lebih murah? anda mudik bareng-bareng sekeluarga atau anda yang mendatangkan oranguta kerumah untuk lebaran bersama? daripada 5 orang yang harus mudik, bukankah lebih baik 2 orang yang datang. atau, anda bisa bergiliran dengan orang tua anda untuk saling mengunjungi setiap tahunnya.

5.Bijak mengatur THR
THR dengan bonus itu berbeda. THR memang harus dihabiskan untuk lebaran karena saat itu anda akan banyak pengeluaran dengan harga-harga juga naik. yang harus anda ingat adalah:
- sesuaikan pengeluaran dengan pendapatan
- minimal sisihkan dana 50% untuk masa usai lebaran sampai waktu menerima gaji berikutnya
- hindari berhutang untuk ramadhan dan dibayar dengan uang THR

Tulis Ulang dari www.tabloidku.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

REVIEW BEDAK PADAT ORIFLAME PURE COLOUR

Prioritas Waktu Tanpa "Gadget"

Lipstik Matte Tanpa membuat bibir Hitam