12 Tips Keuangan dari Para Ahli

pagiii
semangat berkaktivitas untuk teman-teman semuanya
kerjakan dan lakukan terbaik hari ini yaa
karena kita tidak tau hari esok seperti apa jadi bekerjalah maksimal hari ini. 


sudah hari selasa, kalo kemarin senin saya sudah membagikan cerita inspirasi senin. hari selasa yang cerah ini saya ingin membagikan tips tentang keuangan. kalo  bicara keuangan kadang kita masih belum memaksimalkan untuk mengelola keuangan kita setiap bulannya. adakalanya uang itu hanya numpang lewat ditangan saja kemudian habiss gak tau pengeluarannya kemana, jadii kita sebagai ibu rumah tangga, anak muda, atau siapapun yang sudah punya penghasilan sendiri harus pandai-pandai mengelola keuangan dengan baik dan benar.

berikut 12 Tips Keuangan dari Para ahli, mungkin bisa menjadi panduan untuk kita mengelola keuangan.


Pro aktif dengan semua uang Anda
Sebagai penulis buku keuangan terkenal dan host dari acara radio dengan 8 juta pendengar, Dave Ramsey , menyarankan agar semua orang dapat mengontrol keuangan pribadinya. Dan yang terpenting, kita harus tahu telah menggunakannya untuk apa.
“Orang biasanya tahu uangnya pergi kemana namun tidak mau untuk mengaturnya. Mulai sekarang atur keuangan Anda dengan membuat budget. Sehingga Anda tahu kemana setiap uang dipakai.”

Cari pekerjaan yang menghasilkan banyak uang
Clark Howard, pembawa acara dari acara radio terkenal The Clark Howard Show sekaligus penulis 10 buku, telah menolong banyak orang untuk berhemat selama puluhan tahun. Untuk tahun 2016, Howard menyarankan agar Anda mencari pekerjaan yang tepat.
Pekerjaan yang menghasilkan banyak uang dan membuat Anda bahagia. Jika bos Anda terlalu pelit untuk memberi kenaikan gaji maka keluarlah, masih banyak perusahaan di luar sana yang mau menghargai kemampuan Anda dengan pantas.

Pastikan punya simpanan masa depan
Penulis buku laris, analis dan inovator terkemuka, Whitney Johnson, mengatakan, “Di tahun 2016, setiap orang harus memastikan kalau dirinya memiliki simpanan dalam rekening pribadinya. Caranya, sisihkan setiap bulan walau sedikit. Sedikitnya, seseorang memiliki tabungan di bank setara dengan minimal 6 bulan gaji.”

Buat portfolio investasi yang ideal
Tony Robbins dikenal karena kemampuannya untuk membuat konsep keuangan yang rumit menjadi mudah dipahami oleh semua orang. Penulis, penasehat keuangan serta pebisnis yang sukses ini, memberikan saran agar setiap orang melakukan empat prinsip dasar keuangan di tahun 2016.
Empat prinsip ini adalah, hemat, mencari investasi yang seimbang resiko dan untungnya, kurangi pajak, dan pecah aset ke bidang yang berbeda-beda. Dengan melakukan empat hal ini, menurutnya keuangan seseorang akan terlindungi.

Selalu buat rencana
Ketika seseorang punya banyak uang, biasanya uang tersebut habis dengan cepat dan tidak tahu kemana. Chris Hogan, mantan juara American Football yang sekarang menadi analisa keuangan terkemuka menjelaskan agar setiap orang memiliki rencana yang jelas dengan uangnya.
“Buat suatu tujuan, lalu buatlah rencana yang jelas untuk mencapai rencana tersebut,” ujarnya. Membuat rencana sepertinya tampak mudah, tapi terkadang selalu terlupakan pada saat seseorang memiliki uang, yang akhirnya uang tersebut kembali habis.

Minta tarif terbaik
Nicole Lapin, sang penulis buku Rich Bitch mengatakan, kalau saran termudah yang bisa Anda lakukan untuk 2016 nanti adalah cobalah belajar untuk bernegoisasi. Yang dibutuhkan, hanyalah sedikit keberanian.
Lapin berkata bahwa Anda seharusnya meminta tarif terbaik dengan harga yang masuk akal, mulai dari tarif dokter, tarif telepon, paket internet atu apapun. Anda harus coba bernegosiasi untuk meminta lebih, dan tidak perlu takut kehilangan apapun.
Hal terburuk yang Anda dapat hanyalah perkataan “tidak”, namun biasanya jarang. Jadi cobalah kapanpun dan dimanapun untuk meminta lebih dengan harga yang Anda bayarkan.

Belajar tentang keuangan
Salah satu analis keuangan terkemuka Robert Kiyosaki, yang dikenal sebagai penulis buku investasi terkemuka Rich Dad Poor Dad mengatakan, “Jangan biarkan pemerintah, atasan Anda, atau penasehat keuangan yang mengatur keuangan Anda. Anda harus bisa untuk mengontrol keuangan Anda sendiri. Belajarlah tentang keuangan dan ambilah tanggung jawab keuangan Anda. Jangan biarkan hal itu diurus orang lain.”

Buatlah gaya hidup sesuai keinginan Anda
Pemenang dari kompetisi GOBanking Rates 2014 Josh Felber, sudah dipercaya untuk memberikan nasehat keuangan pada banyak orang. Misinya adalah membuat orang bebas memilih gaya hidup yang mereka mau. Oleh karena itu, Josh punya dua tips untuk keuangan di tahun 2016.
Pertama, “Untuk menciptakan kekayaan jangka panjang, orang harus berhenti menghabiskan uangnya pada barang dan jasa yang diinginkannya pada masa kini, namun membuat Anda miskin ke depannya,” ungkap Josh.
Yang kedua adalah, “Bebaskan diri Anda dari norma sosial dan hidup yang medioker. Berhentilah dari pekerjaan 9 to 5 Anda dan jadilah pengusaha. Mulailah jadi diri sendiri dan buatlah gaya hidup yang Anda mau.”

Berpikirlah bagaimana memperbanyak pemasukan
Kyle Taylor telah membantu lebih dari 5 juta orang pembaca blognya, ThePennyHoarder.com, untuk menambah lebih banyak uang ke saku mereka. Walaupun keahlian Kyle yang utama adalah membantu orang berhemat, namun untuk tips tahun 2016 ini Ia justu lebih menyarankan orang untuk menambah pemasukan bukan mengurangi pengeluaran.
Menurutnya, saran untuk berhemat dan memotong pengeluaran itu sudah biasa dan hal yang lumrah. Justru yang sering dilupakan orang adalah, bagaimana berpikir untuk menambah pemasukan mereka. Tidak usah memikirkan pengeluaran, selama kita bisa mendapatkan pemasukan lebih banyak dari yang kita keluarkan.

Simpan dulu baru gunakan sisanya
Jeanette Pavini mempunyai karir yang panjang sebagai penulis, reporter investigasi dan pembicara yang berhubungan dengan keuangan. Ia sudah banyak membantu orang untuk menyelamatkan keuangan mereka. Ia dijuluki sebagai pakar berhemat, karena kebanyakan saran keuangannya adalah mengenai penghematan.
Sarannya untuk 2016 ini adalah penyimpanan otomatis, dimana setiap Anda mendapatkan uang Anda harus menyisihkannya segera sebelum uang itu digunakan. Tidak peduli berapa persen yang disimpan, tetapi harus dilakukan di awal, bukan dari sisa-sisa keuangan.

Kekayaan itu bukan hanya uang
Tim Ferriss adalah manusia dengan banyak keahlian, terutama di bidang keuangan. Ia dikenal sebagai motivator, penulis buku laris, investor cerdas. Ia memiliki channel di iTunes dengan nama Tim Ferris Show, yang menjadi siaran dengan rangking teratas.
Pendengarnya, kebanyakan adalah mereka yang ingin merubah kondisi keuangan mereka atas saran dari Tim. Untuk tahun 2016 ini, Tim mengingatkan bahwa setiap uang yang kita keluarkan dalam kehidupan akan dipengaruhi oleh dua hal, yaitu waktu dan mobilitas. Jika kita bisa mengontrol hal tersebut, maka keuangan kita akan stabil.

Jangan pernah kehilangan uang
Warren Buffett, adalah salah satu orang terkaya di dunia sekaligus investor yang cerdas dan sukses. Ketika ditanya apa rahasianya menjadi sukses seperti sekarang, jawabanya adalah, “Peraturan pertama jangan kehilangan uang, peraturan ke dua kembali lagi ke no 1.”
Jadi apapun yang Anda lakukan, jangan biarkan uang Anda terbuang percuma. Pastikan semua uang yang Anda keluarkan, kembali dengan jumlah lebih besar.


*semoga tulisan ini bermanfaat, selamat mengelola keuangan dengan baik.







Komentar

Postingan populer dari blog ini

REVIEW BEDAK PADAT ORIFLAME PURE COLOUR

Prioritas Waktu Tanpa "Gadget"

Lipstik Matte Tanpa membuat bibir Hitam